Monday, September 3, 2012

Cara Membuat Halftone di Coreldraw X6


Kali ini saya akan mengajarkan anda, bagaimana Cara Membuat Halftone di Corel draw X6. Efek halftone biasanya dipakai di program Adobe Photoshop, Corel Photo Phaint, dll. Dan hasil yang diperoleh dari program tersebut sangat kaku, karena file tersebut berbentuk raster/bitmap. Nah pada pembahasan kali ini saya akan mengajarkan anda cara membuat halftone di program corel draw.

Pertama-tama buatlah garis dari atas ke bawah dengan menggunakan tool  freehand (F5). Lau putar 45o
Selanjutnya, buatlah dua buah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool (F7). Lingkaran pertama dengan diameter 1 mm, dan lingkaran yang kedua sebesar 10 mm. Klik Blend Tool, lalu drag dari lingkaran terkecil ke lingkaran yang besar.
Setelah itu, Klik Path Properties-New Path, lalu arahkan dan klik di garis yang tadi kita buat. Lalu klik More Blend Option, beri tanda ceklist pada Blend along full path.Lalu klik kanan pada objek tersebut, lalu klik Break Blend  Apart atau tekan Ctrl + K pada keyboard anda. Buang garis lalu ungroup objek tersebut setelah itu kita combine dengan cara klik Weld.
Salah satu objek dari halftone siap untuk digunakan. Dan saran saya pada saat menggunakan Blend Tool jarak antara lingkaran jangan terputus.
Sekarang kita akan membuat objek tersebut saling tumpang tindih. Caranya, seleksi objek tersebut lalu klik tahan lalu geser secara horizontal, lalu klik kanan. Nah setelah itu anda tekan Ctrl + R beberapa kali untuk menggandakan objek tersebut.
 Lakukan hal serupa pada objek tersebut, tetapi kali ini secara vertical.
 Sekian tutorial dari saya, tentang Bagaimana Cara Membuat Halftone dengan Coreldraw X6.
Selamat Mencoba.